Jumat, 05 Februari 2010

Perhitungan Net Present Value Dengan Ms. Excel 2000, 2003 dan 2007


Microsoft Office 2000, 2003, dan 2007 telah menyediakan fungsi – fungsi khusus yang mendukung perhitungan NPV, IRR dan MIRR yang tentu saja mempermudah kita melakukan perhitungan keuangan. Marilah kita membahas perhitungan tersebut satu – persatu.
Dalam menggunakan fungsi NPV di Ms. Excel, inputlah data – data yang diperlukan untuk melakukan perhitungan NPV seperti; investasi awal (initial outlays), investasi tahun pertama (cash inflow), kedua, ketiga dst. Kita juga harus menginput tingkat bunga. Setelah data – data tersebut diinput, ketikan dan ikuti formulasi berikut =npv(rate;value1;value2;value3;...). Cara menginputnya ialah; ketikan =npv diikuti tanda buka kurung, tunjuk sel yang berisi tingkat bunga diikuti tanda (;) atau (,) kemudian sorot seluruh data mulai dari investasi awal dan investasi tahun selanjutnya, tekan tombol F4 pada keyboard diikuti tanda (;) atau (,) dan tanda tutup kurung. Perhatikan contoh berikut.

Untuk keputusan status proyeknya, apakah diterima atau ditolak, kita gunakan fungsi IF di Ms. Excel. Fungsi inipun tersedia di Ms. Excel 2000, 2003 dan 2007. Langkah- langkahnya sebagai berikut.
Link download:





http://www.ziddu.com/download/10134871/PerhitunganNetPresentValueDenganMs.OfficeExcel.doc.html



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar