Kamis, 27 Mei 2010

Memanfaatkan Fitur Data Analysis Microsof Excel 2007 Untuk Perhitungan Statistik


Teman – teman, banyak diantara kita yang sering kali merasa direpotkan dengan perhitungan data statistik, apalagi dengan perhitungan seperti standar deviasi, sample variance dan lain sebagainya. Sekarang saya ingin berbagi pengalaman mengenai penggunaan fitur Data Analysis Microsoft Office Excel 2007. Sebenarnya jika kita mengerjakan skripsi, otomatis kita menggunakan komputer, jadi sebenarnya kita tidak perlu melakukan perhitungan secara manual. Kita gunakan saja Data Analysis Ms. Excel. Untuk Microsoft Excel 2007, langkah – langkahnya sebagai berikut.
1.       Jalankan program Microsoft Excel 2007, klik tab Data dan periksalah apakah fitur Data Analysis telah tersedia. Jika belum tersedia maka Anda dapat melakukan instalasi tambahan untuk fitur tersebut dengan cara klik logo Microsoft Office, klik Excel Options, kemudian pilih Add Ins, lalu klik Go! Menu yang akan diinstal akan muncul. Centang Analysis Tool Pack dan klik OK.
         


1.       Input data yang diperlukan kemudian klik tab Data dan klik Data Analysis. Box dialog akan muncul. Untuk perhitungan statistik, pilih “Descriptive Statistics” lalu klik OK.
2.       Tempatkan kursor pada kolom input range dan sorotlah data angka yang tadi diinput. Setelah selesai pilihlah opsi group by, jika kita menginginkan hasil perhitungan disusun dalam bentuk kolom, pilih columns jika ingin disusun dalam bentuk baris pilih rows.
3.       Langkah selanjutnya memilih lokasi untuk menempatkan hasil perhitungan. Jika ingin menempatkan hasil hitung pada lembaran (sheet) yang sama pilih output range, tempatkan kursor pada kolom yang tersedia dan sorotlah area yang diinginkan untuk meletakkan jawaban/hasil perhitungan. 
Untuk lebih jelasnya, download filenya di link ini:

http://www.ziddu.com/download/12234682/AnalysisMicrosofExcel2007UntukPerhitunganStatistik.doc.html
Apabila Rekan Rekan Ingin Menyalin Sebagian/Seluruh Artikel Ini, Mohon  Mencantumkan Url Dari Situs Asal Artikel Ini Atau Nama Penulisnya. Mari Hargai Karya orang lain Dengan Tidak Mengakui Hasil Karya Orang Lain Sebagai Milik Pribadi. Terima Kasih.
Penulis:
Wahyu Leman SE

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar